Kisah Nyata Misteri Pendakian di Gunung Dieng

Posted by

Di sini saya mau cerita tentang pendakian saya bersama 6 teman wanita . tolong samarkan nama kami ya ka. saya dan 4 teman saya asli dari pati jawa tengah. dan yang 2 itu dari dieng

kita naik gunung prau tanggal 21&22 bulan ini 2020. nama saya diah dan ke enam teman saya arina,anisa,novita,alya,ping,sindy.
kamis brangkat dari rumah tanggal 21 pas itu hari jumat,sblum brngkt kita dari pati jawa tengah itu ber 5 yaitu saya,sindy,arina,anisa,dan novita. sblum brngkt kita udah prepare lah yang menurut saya udah mateng. dari pati udah ada firasat engga enak. yg pertama temen saya yang namanya novita itu malem kamis pas tgl 19 wa saya. gini "yah enggak naik malem minggu aja,soalnya malem sabtu kalok orang jawa masih malem suro.soalnya itu pantangan aku pergi. soalnya aku bisa liat gituan". sontak aku bales gini " ah kamu.bismillah aja soalnya kata anisa malem 1suro itu kamis malam jumat. engga jumat malam sabtu." novita terus jwb "oh yaudah jadi brngkt hari itu gapapa".
yang kedua. temenku yang namanya arina tiba tiba 1hari sebelum brngkt badannya panas.tapi dia bilng " gapapa ko aku bisa paling nnti tdur bngun udh enakan" .oke kita lega dong.
terus yang ketiga. tiba tiba temen aku yang namanya anisa sore pas kita mau ambil sewaan perlengkapan naik dia wa aku. gini kalo dalam bahasa indonesia "kalo aku gajadi ikut gapapa ya". sontak aku marah dong soalnya dia itu ujung tombak kita ya leader lah . aku bilang " lo  ngawur kamu ki. kita udh prepare kek gni masa km batal ikut gtu aja" trs dia jwab " aku ga dibolehin bawa motor tiba tiba,pdhl kmren ayahku bolehin". trs aku bgung dong. kita kekurangn mtr. trs aku jwb gni " oke klau km emg gbisa bawa mtr nnti di rembuk yg lain siapa tau ada yang bisa. yg pnting km ikut." anisa jwb "oke aku bisa kalau ga bawa mtr"
udah clear mslh anisa.
kita udah prepare smua barang buat brngkt besok pagi habis subuh kita ber5 dari pati otw dieng.
      paginya.saya nelfon kakak saya yg pertma sama nlpn ayah. soalnya ayah sama ibu pergi merantau,kakak pertma jauh dari rumh saya. saya izin bpk ibuk udh kebolehin.tp kakak prtma agak kbrtan bilangnya. " sabtu aja,jumat ini masih tahun tahun" tahun itu mkstnya kalau org jawa ya kayak pantangan lah buat pergi pergi . trs aku ngeyakinin kakak pertama dong. aku bilang "gapapa bismillah soalnya udh prepare semua sungkn sama tmen kalau diundurin lagi"
    singkat cerita kita otw dari pati jam set6 pagi berlima. itu perjalanan dari pati sampai ke dieng lancar kita sampek dieng sktr jam set 11. aku dan temen" disitu inisiatif lah beli logistik buat naik di pasar sekitar dieng situ.gafaham juga namanya pasar apa. kita beli beras,tempe,kentang,sama nuget,trs jajan sama air mineral.
    jam 12siang kita sampek di rumah temen kita yang di dieng namanya alya. kita istrht dstu . alya blom pulang soalnya dia krja pulng jm 2siang. kita berlima di sambut ramah banget sama ibunya alya. masuk lah kita kerumah. gak berapa lama ping dateng temen juga yg mau ikut naik. trus temenku arina tanya dong "lho husna mana?" ping jwb "gajadi ikut katanya ada tugas kuliah". oh ya lupa husna itu yg sbnrnya mau ikut tp gjd. jd kita ber7. trs kita berlima tdr dlu capek cwek motoran dari pati - dieng.
     jam 3 tiba tiba kita di bangunin alya." oe bangun katanya mau naik jm 3 malah masih pada molor". terus kita bangun dong . terus kita prepare" udh slsai smua hbis itu kita makan . terus hbis mkn aku bilang dong "yakin kita cwe smua mau naik ber 7"? trs tmenku anisa bilang " halah udh gapapa bismillah" . trs alya tiba tiba cletuk gini "naik prau via dieng lumayan angker si" trs aku diem smua diem bbrpa saat.
     akhirnya jam 4kurng kita otw ke basecamp prau via dieng.sktr 10menitan lah jarak dari rmh alya sampek basecamp. sampekbasecamp kita bayar simaksi dan akhirnya naik itu jam 5nan. itu kita rombongan prtma kali yg naik pada sore hari itu. setelah doa brsma dan fto" di tulisan naik gunung prau via dieng . kita memutuskan naik .dari basecamp perasaanku itu udah gaenak banget.soalnya rencana naik ber8 tiba tiba ber7 dan bagi saya 7itu angka sial bgt si.
     sampek post 1 itu pas adzan magrib. kita berhenti sambil nungguin temen kita anisa&alya shlt magrib. pas itu yg lain lg dateng bulan. udah agak gelap alya nyuruh kita semua hidupin senter. dan bener dong habis ngidupin senter jalan dikit saya denger suara cewek tertawa kaya ngejek gtu dari sebelah kanan atas .saya diem aja nunduk gaberani ngeliat.terus kita jalan pelan pelan dari pos 1 menuju pos 2. awalnya santai santai aja terus sampek di pertengahan jalan kita ketemu sama rombongan pendaki,ntah dari daerh mana kita gatau. pokoknya ada 14orang mau naik juga. terus habis itu tiba tiba saya denger suara lg dong kaya cwek nangis gtu. saya masih diem aja terus lnjutin perjalnan. tiba tiba sindy bilang break bntr. trs kita istrht dan sindy itu tiba tiba mual dan mutah mutah gtu. kita mikir positif thingking aja lah . terus sampek post 2 kita brhenti bntr. ktmu sama klmpok 14orgg tadi. trs ngobrol" akhirnya kita mutusin naik dluan ninggalin kelompok td. trs ntah kenapa ya mungkin mas mas yg di kelompok td ada yg kasihan sama kita. itu dia mau gtu ditinggalin kelompoknya dan itu mas mas ber 4 terus aja di belakang kita. kayak mau jaga kita lah gtu tp ms nya ga ngomong secara lngsng gtu sama kita.
    dari post 3 mau naik keatas tiba tiba di sebelah kiri ada suara kayak kayu tumbang terus dibuat ncot ncotan gitu krek krek krek gtu suaranya . alya terus bilang "jangan senterin terus jalan" suara itu makin keras bgt. tp kita enggak ngehirauin itu .
    dan dari tempat itu td keatas tiba tiba novita udh nyelip alya . kan td formasinya alya depan belakang alya ping terus novita,arina,sindy,aku,dan paling belakang anisa. tp tiba tiba novita jlnnya cpt bgt. aku bilang "nem pelan aja gaush cpt cpt" trs novita jawb " enggk santai aja aku gabakal ninggalin kalian ko".
  ceritanya novita(inem) itu orgnya bisa liat gtuan trs pas naik gunung dia tu emng cpt banget kalok jalan kata temen temen yg prnah naik sama inem.
  kembali lg ke cerita ya . sampek kita di jalan yang kalok belok kiri ke arah pemancar,kalo lurus kepuncak. disitu kita break lagi karena kondisi sindy yang emg udh lmes banget mutah terus. kita berhenti di situ sambil minum air sampek 10menitan lah kita lnjt naik lagi. sampek di jalur pendakian yang jalannya tu naik banget sindy di stu duduk trs kayak lemes banget. inem yang ngerasa kasian trs bawain cariernya sindy. trs aku dstu mikir "ini cewek kuat banget dari td jln cpt bngt,lngsng ini bawain carier temen lg . " jdi inem bawa 2carier .
   terus dgn keadaan kek gtu kita sepakat jadi 2tim. inem,arina,anisa jalan dlu ke daerah telaga wurung maju dikit itu buat ngediriin tenda.dan aku,alya,ping tetep di berhenti di jalur itu nemenin sindy yg keadaanya lemes banget.
    setelah nungguin mereka diriin tenda kita jln pelan sampek di tulisan puncak prau yang kalok turun itu lngsng telaga wurung. udh nunggu lama di puncak tapi mereka belon dateng juga. kita mutusin buat jalan pelan pelan kebawah ke telaga wurung buat cari mereka. dan ternyata mereka tu buat tenda di bukit atasnya telaga wurung alya bilang dong "ya gabakal jadi lah tenda itu anginnya kenceng bangey dstu"
   singkat crta akhirnya kita diriin tenda di telaga wurung. setelah diriin tenda kita masak masak habis itu alya,ping tdur di tenda satunya dan kita berlima tdr di 1tenda. keesokan harinya jm set6 lah alya bangunin kita buat samit  . tp kita masih ngntuk bngt dan emg dari semalem udh rencana buat emg nggk ngejat sunrise. hbis itu kita tdr lg tp alay,inem(novita),ping mutusin buat sumit. sktr jm 8lah aku,arina,sindy,anisa baru nyusul mereka. kita foto foto banyak dstu dan sktr jm 10 turun lagi ke telaga wurung.
   dan disitu ping cerita gini "gilak si pendakian tadi malem. paling lmbt mendaki via dieng itu tu 4jam itu dah paling lama. dan kita mendaki itu sampek 6jam kalian sdr gasih?". trs aku jwb dong " iya sadar bgt rasanya lama banget" trs alya nyaut "udh udh yang pnting kita sampek puncak". habis itu kita masak masak,makan ,terus beres" buat bersiapan turun.
   singkat cerita jm 12siang kita mutusin turun. lagi lagi inem bilang"aku turun duluan ya soalnya perutku sakit banget pengen pup". disitu aku mkir dalam hati kesel banget dong engga setia kawan banget si mikirku. trs anisa bilang "jangan kalo sendirian,tu biar di temenin arina"  ters arina jwb "oke" akhirnya kita turun terbagi 2klmpk. arina,inem dluan. aku,anisa,sindy,alya,ping di belakang santai  gt turunnya. di sepanjang jalan pas hari sabtu itu banyak banget pendaki yang mau naik. trs banyak banget yang heran pas kita di tanya kita bilang kalau naik ber7 dan cewek semua.
   pas waktu turun itu gaada kejanggalan sama sekali smua lncr. smpek di basecamp kita jm 2. sedangkan arina inem jm1. hbis itu kita memutuskan buat cari makan dlu,hbis cri makan kembali ke rumah alya buat bermalam dirumh alya baru minggu paginya kita pulang ke pati. tapi pas itu ping pulang ke rumh ga ikut nginep di rmh alya.
   habis bersih" badan,makan,dan prepare buat pulang besok. kita istrht di kmr cerita cerita.
dan kaget banget dong sama ceritanya inem.
dia bilang kalok pas di pertigaan arah pemancar sama arah punck pas kita berhenti itu dia liat ada 3anak kecil kek tuyul gtu ngintipin kita dari semak semak. dan dia jga liat di stu djln arah pemancar ada kuntilanak merah tapi cuma lewat sekilas.dan pas inem,arina,anisa mau diriin tenda di atas telaga itu kan ada 1pohon ga begtu tinggi itu dstu ada 1cwek berbaju putih yang intinya ngehalangin mereka diriin tenda di stu.makanya mereka mutusin buat turun lg .tp dstu yg bisa ngeliat cuma inem. terus anisa juga cerita selama naik pas malam itu diakan jadi swiper ya paling belakang.dia ngerasa ada yang ngegenepin kelompok kita jadi 8 org.
    waktu dah larut malem kita mutusin buat tdr. besoknya jm 9pagi kita mutusin buat kembali pulang ke pati. sampek di semarang kita istrht di pom sebentar. dan pas itu udh nunjukin jm 2siang. hbis itu kita lnjutin lg perjalanan menuju pati. sampek di kudus kita kepisah. aku&sindy mau balikin sewaan alat mendaki tadi di kudus.dan arina&inem,anisa mutusin dluan pulang ke pati.
  dan terjadi lagi kejadian enggak mengenakan. di tengah perjalanan mau ngembaliin peralatan tiba tiba arina nelfon sindy dan bilang "km dmn" trs sindy jwb " ini udh dideket rmh yg nyewain.ada apa?" arina bilang "nanti kalau selesai lngsng ke pasar kliwon ini kecelakaan aku&inem.inem tangannya ketlier"kalo dlm bhsa indonesia ketlier itu ya kaya tulangnya geser lah. aku&sindy cpt cpt dong itu balikin prltn trs otw pasar kliwon. sampek stu arina jlsin kronologinya. trs tba tba bpk bpk bos dari org yang nabrak pakek grobak itu nanya sama akau "habis dari mana mb emang?" aku bilang "habis dari muncak pas di gunung" bpknya bilang "wah ya bener,temenmu itu(inem) diikutin mbak dari gunung sampek sini" aku kaget dong terus diem aja. yg tak kasih tau cuma sindy kalo bpk itu td bilng gtu.hbis itu inem di pijetin ke tukang pijet di daerh stu. sampek jm set6 an baru selesai dan kita mutusin buat pencar lagi. sindy&aku lewat kudus kota. dan arina,inem,anisa lewat kdus yg arah colo. emg jalur itu lebih cpt sampek pati kota si.knp aku sindy lewat kdus kota. karena rmhku itu daerhnya perbatasan pati-kudus jadi kalo ikut lewat colo nnti kasian sindy muter lagi mulangin aku soalnya yg bawa motor sindy.
udah sampek pati kita sktr jm 7an. smpek rmh masing" istrht.
dan kemaren senin malem inem chat kita di grub bilng gni "yok pak kapan ngopi tak buatin donat sbgai tnda terimakasih aku buat kalian" trs kita spkt ngopi di kopinan langganan kita namanya kopinan mas gondrong itu selama malem rabu .
dannn ada lagi kejadian stlh aku&arina sampek stu. inem wa grub kalau dia kecelakaan . aku panik dong dan mkir "inem lagi inem lagi". trs aku samperin inem di tmpt kecelakaan itu. masih ada org yg nabrak inem. 2mas mas. dn alhmdllh mrka tnggung jwb keadaan inem jga ga parah. hbis berobat inem &aku otw gondrong. disana tenyata udh ada sindy,arina,anisa.sampek sana ngobrol" dannn inem bilang gni "jebule kawet soko gunung ngasi muleh pati ngasi tekan omah aku ditutu ti wong wedok .bener aku sial teros" kalo dalam bahasa indonesia "ternyata dari gunung sampek rumah aku di ikutin hantu cewek". kaget kita dan inget omongan bpk bpk yg dikudus pas inem kecelakaan itu? dan ternyata benar.
  pengalaman yang sangat wow sih bagi saya sendiri 7cwek nekat naik gunung dan tracking malem.
itu tadi sedikit cerita pengalaman pendakian saya dan temen temen kaa. maaf kalau bahasanya kurang beraturan hehe.