Kisah Nyata Misteri Pengalaman mendaki gunung guntur

Posted by

Perkenalkan nama saya sebut saja imong...saya akan bercerita tentang kisah pendakian saya bersama kawan saya ke gunung guntur...saya memang terbilang adalah orang yang agak sensitif terhadap makhluk seperti itu..karna kekluarga saya bilang itu merupakan sifat dari keturunan dan katanya sudah turun temurun sejak lama..saya sendiri tipe orang yang percaya tidak percaya atas itu semua..namun memang sejak kecil,saya sudah banyak mengalami hal mistis dan melihat mereka...sebelumnya saya mohon maaf apabila ada kata yang tidak jelas atau pun salah...dan saya harap kisah ini bisa menjadi pelajaran dan bisa diunggah di akun youtube bang prasodjo.. Jadi begini ceritanya..pada awalnya saya bersama rekan sepekerjaan saya berniat untuk pergi berlibur pada saat pergantian shift dari shift pagi ke shift malam,karna di tempat kerja kami waktu bekerja dibagi 3 shift..pagi,siang,dan malam... Pada saat merencanakan liburan itu..teman teman semuanya berniat untuk pergi berlibur ke pantai santolo karna waktunya berbarengan sama karyawan lain yang sepekerjaan namun berbeda gedung..dan yang sama gedungnya sama saya saat itu cuma bertiga..saya sendiri..rana dan taufik...mereka juga berniat untuk pergi ke pantai dan minta untik berangkat bareng sama rombongan gedung sebelah tapi saya bersikeras ingin pergi ke gunung karna sudah lama tidak pergi mendaki... Singkat cerita hari demi hari berlalu...dan sampailah akhirnya pada waktu yang telah dinanti nantikan...kita semua sepakat pergi pada jam 3 sore usai pulang shift pagi... Namun pada saat itu apa yang telah direncanakan seakan harus batal karna beberapa alasan...dan yang paling membuat saya kesal..teman saya yang bernama taufik malah pulang kampung karna emang notabene kita bertiga adalah perantau... Disitu saya bingung karna emang dari awal anak anak udah pesan terhadap saya untuk bawa peralatan camp karna awal mulanya kita pengen ngecamp di pantai yang akhirnya tidak jadi... Selang beberapa lama..rana nelpon..dan bilang mau jadi gak?saya sontak bilang ayok ayok aja...sedangkan rombongan yang lain mungkin sudah berangkat duluan... Waktu itu jam 4 sore rana nyamperin saya ke kos kosan karna emang kita tidak satu kosan..dan saya menyarankan "udahlah kita ke gunung aja,tanggung udah bawa tenda dan flysheet"karna emg waktu itu cuma tinggal tenda dan flysheet yang tinggal ada karna yang lainnya udah di pinjam sama anggota yang lain..karna waktu itu saya pinjam dari anak pramuka dari bekas saya dulu di didik.. Singkat cerita kita sepakat buat naik gunung guntur lewat jalur cikahuripan...dan berencana buat ke rumah si rana dulu katna emang deket dari rumah nya ke pos cikahuripan... Sekitar jam 5 sore kita berangkat dengan 2 motor...dan singkat cerita sampailah di rumah teman saya..rana itu.. Kita berisitirahat dulu dan mempersiapkan alat alat yang belum lengkap...waktu itu kita menyewa satu kompor dan satu matras..sedangkan rana pinjam lagi sleeping bag sama carier untuk membawa perlatan camping karna saat itu tidak ada carier cuma bawa daypack...dan itu juga cuma satu... Waktu itu jam sudah menunjukan jam 6 kurang dan suara adzan magrib pun berkumandang..saya memutuskan untuk pergi ke pos selepas magrib saja..dan saat itu langsung saja sholat magrib di rumah teman saya.. Selesai solat magrib kita langsung berniat berangkat dan minta ijin ke orang tua si rana...namun pas minta ijin,ibu nya rana berpesan.."ingat datang kesana kita hanya berniat tadabur alam,kalo pengen tau mah gapapa untuk pengalaman"ucapnya. Disitu saya yang tadinya semangat agak down mendengar perkataan itu..karna selama saya pergi dan mendaki ke gunung,tidak pernah ada yang sampai berpesan seperti itu..namun saya hiraukan dan langsung saja berangkat.. Kita naik satu motor pakai motor saya...karna motornya rana di simpan di rumahnya supaya memudahkan dan cari aman... Sekitar waktu isya kita sampai di parkiran motor karna pada saat itu sudah terdengar banyak orang yang mengumandangkan adzan...pas di parkiran juru parkir bertanya.."mau ngecamp?"..rana menjawab "iyak pak"..."cuma berdua?".."iya"...terus juru parkir juga nanya,"tau gak jalurnya?",rana menjawab lagi "tau pak,saya orang sini jadi udah pernah ke sini"... Trus beliau berkata"kalo gak tau sama takut,bareng aja sama rombongan lain,itu ada tiga orang yang udah start duluan,atau mau bareng aja sama rombongan ini?"karna emang pada saat itu kita berbarengan sama rombongan jejak petualang dari trans 7.. Saat itu saya yang bersemangat langsung mengajak rana untuk berjalan duluan karna waktu udah malam..supaya gak kemaleman dijalan dan bisa sampe ke puncak tengah malam... Singkat cerita disitu kita mulai berjalan sekitar pukul 7 lebih kita mulai pendakian..melewati jalur yang notabene bebatuan yang lumayan agak besar dan membuat dengkul agak pegal.. Namun sialnya disitu di dalam hati saya bergumam "apa aman kita berdua naik malam seperti ini?tapi yaudahlah positif thinking aja"..dan saya tetap semangat untuk melanjutkan perjalanan...senantiasa di perjalanan kita berdua berdoa... Awal perjalanan masih aman aman aja..gak ada kendala..kita jalan berdampingan saya sebelah kiri dan rana sebelah kanan saya.. Namun yang membuat saya agak aneh waktu itu...sebelum kita berangkat kan ada 3 orang pendaki yang berangkat sebelum kita,tapi entah kenapa..padahal kita berangkat tidak lama jauh dari mereka tapi mereka tidak kunjung terlihat... Keanehan terjadi selang beberapa lama...saya pribadi yang mengalami keanehan tersebut...entah kenapa perasaan saya yang tadinya menyorotkan senter ke arah bawah untuk melihat tanda jejak itu perasaan selalu ingin melihat ke depan ataupun ke arah kanan dan kiri...lalu saya memutuskan untuk berhenti karna ingin minum dan merasa sangat pegal..padahal belum jauh dari tempat pemberangkatan pertama...waktu kami berhenti saya menyorot dan melihat ke arah kanan...saya terkejut..padahal saya belum terlalu jauh dan perjalanan pun peeasaan belum terlalu tinggi...pas di sebelah kanan saya sudah melihat ke arah bawah sudah banyak lampu dari rumah warga..saya disitu nanya sama rana..."ran ini udah tinggi yah?kok udah kelihatan lampu dari rumah warga?"...yang bikin saya agak kaget adalah rana menjawab "apanya yang lampu rumah..itu mah pohon pohon dari hutan yang ada di bawah"disitu saya gak banyak bicara dan langsung meminta buat melanjutkan perjalanan... Selepas kejadian itu entah mengapa selalu ingin melihat ke depan dan menyorotkan senter ke arah depan...pas sampai di jalan yang agak nanjak ada jalan yang agak belok ke kanan...pas saya nyorot ke depan..disana terdapat seorang perempuan yang sedang duduk di pinggir jalan..saya langsung nunduk dan melanjutkan perjalanan dan meminta rana tidak jauh jauh karna dia terus berjalan cepat dan saya hampir tertinggal terus menerus...pas lewat tepat dekat perempuan tersebut saya langsung reflek bilang "assalamualaikum,punten ngiring ngalangkung(misi numpang lewat)" dan seketika langsung perempuan itu menghilang..dan rana terkejut saya bilang begitu...dia bertanya "kenapa kamu salam?" Saya jawab "udah lanjut aja". Singkay cerita kita sampai di pos simaksi..sampai disana kita langsung ke wc terdahulu dan langsung sholat..tidak lupa kita istraht dan ngopi dahulu disana.. Banyak pendaki yang emang disitu juga berniat buat muncak...selang beberapa lama ada pengumuman bahwa untuk melanjutkan perjalanan ke puncak dari situ tidak boleh lebih dari jam 9...tanpa menunggu lama kita langsung registrasi kepada pengawas dan mengecek semua perlengkapan yang ada..dan para petugas memberikan pemberitahuan tentang etika dan peraturan kalo kita ingin muncak ke puncak gunung. Kita langsung berangkat setelah selesai mengecek persyaratan bersama dengan para pendaki lain yang juga akan melanjutkan perjalanan...perjalanan sampai pos 1 masih aman dan gak ada kejadian apapun..disitu saya lihat peta yang terdapat di form registrasi yang diberikan oleh petugas pas di pos simaksi...padahal jarak dari pos 1 ke pos 2 itu tidak terlalu jauh cuman perasaan saya tidak sampai sampai ke pos 2...dan anehnya pas formasi diubah yang tadinya berdampingan sekarang rana di depan dan saya di belakang,gak tau kenapa pas kami sedang melewati jalan yang nanjak itu perasaan ada yang ngikutin dan mendengar jejak kaki dan orang yang ngbrol..awalnya saya kira adalah pendaki yang lain..tapi pas dilihat ke belakang..gak ada orang dan para pendaki pun sudah tidak terlihay karna memang kita sudah berpisah sejak di pos 1 tadi..disitu saya tidak menghiraukan...dan entah mengapa yang di peta di tulis cuma ada satu jalur..saya dan rana terus menemukan jalan bercabang..sekitar lima kali kejadian seperti itu...untung saja saya dengan sedikit pengetahuan dan pengalaman dan juga dari rana yang sudah emang tau jalur,kita bisa sampe ke pos 2 dengan selamat...dan asal kalian tau..setiap persimpangan yang kita pilih itu...ternyata arah yang tidak kami pilih itu pas disorot setelah melewati nya ternyata itu adalah parit dan jurang. Lanjut dari pos 2... Di pos 2 saya sudah sangat merasa lelah..baru pertama kali mengalami keadaan seperti ini selama pengalaman saya mendaki gunung...dan saya memutuskan untuk makan karna memang sejak pemberangkatan dan pulang kerja saya belum sempat untuk makan dan mengisi perut..disana juga ada beberapa kelompok pendaki yang sedang beristirahat..saya yang cuma memakai celana panjang dan cuma berpakaian daleman sweeter dan berlapis kaos diluar nya..di situ tiba tiba mulai turun kabut dan terasa ada angin yang menusuk berhembus melewati tubuh...disitu saya sempat berpikir kembali "apa tidak apa apa..mungkin kah saya tidak akan mengalami hypothermia?,soalnya saya baru lagi sejak sekian lama tidak muncak ke gunung",gumam saya dalam hati. Dan benar saja setelah selesai makan..lalu saya disitu mulai menyulut roko..tapi selang beberapa lama sejak itu saya rasakan tidak bisa merasakan tangan dan kaki saya...semuanya terasa dingin dan menggigil..tapi orang sekitar..termasuk rana melihat saya biasa saja...namun saya bicara "dingin ran"disitu dia langsung inisiatif mengajak saya untuk melanjutkan perjalanan..dan alhamdulillah semuanya tidak berkelanjutan..tapi yang saya rasakan saat itu carier yang saya bawa itu sangat berat..emang pas di pos 1 juga saya sudah merasakan carier itu sangat berat..namun yang sangat benar benar terasa itu saat dari perjalanan pos 2...ditambah medan yang benar benar lumayan menguras tenaga dan sangat nanjak...sampai sampai saya tertinggal jauh sama rekan saya...yang emang dia berkata "saya duluan aja,masih banyak pendaki lain di belakang,kalo kita banyak berhenti malah lebih capek"ucapnya.saya menjawab"yaudah kalo mau duluan,duluan aja". Disitu saya bareng sama pendaki dari rombongan lain yang memang mereka juga ketinggalan sama rombongannya..ada satu perempuan dan satu cowok..atau sebut saja lah mereka berpasangan..dan saya merasa kasihan karna mereka tidak bawa senter dan cuma mengandalkan penerangan dari flash handphone...setelah beberapa lama saya merasa kalo terus menerus begini kapan sampainya ke puncak..lalu saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dan meminta ijin kepada mereka buat jalan duluan karna yang memang mereka agak lambat dan yang ceweknya itu cuma pakai pakaian sweeter,topi,dan sepatu allstar yang mungkin akan menambah sulit perjalanannya... Setelah agak jauh sampailah pada jalur yang lumayan hutan..dan dari kejauhan terlihat ada rombongan yang di depan sedang beristirahat dan disana juga terdapat rekan saya sedang menunggu..saya bilang "jangan cepet cepet,pelan aja kaki saya terasa pegal"dia menjawab "yaudah kita pelan pelan aja". Pas kita baru melanjutkan perjalanan,kita menemukan persimpangan di jalan tersebut ada yang lurus dan ada yang ke kanan,disitu semua berhenti dan berpikir karna memang saat itu saya berada paling depan diantara mereka dan saya melihat ke bawah untuk melihat bekas jejak yang dilewati para pendaki lain.tapi saat itu rana terus maju lurus,saya memutuskan untuk bawa jalur kanan dan langsung memanggil rana "ran,mau kmna kamu?.ayo jalur nya sebelah sini"..dan apa yang terdapat di jalan lurus itu..itu bukam jalur ke puncak,namun tepat di depan nya itu adalah jurang yang lumayan agak dalam...terlambat satu detik saja saya memanggil rekan saya..mungkin saya tidak tau apa yang akan terjadi pada dia.. Disitu saya mulai sadar gak sadar..tiap kali saya tidak diajak ngobrol seakan akan saya tidak sadar dan terus terusan meminta air minum ketika melewati atau berada di daerah yang memang rimbun dan gelap... Karna disitu saya hampir kelelahan dan hampir tidak sanggup..saya banyak berhenti lagi dan merasakan carier yang emang sangat berat..padahal didalam carier tidak terlalu banyak barang..cuma tenda,flysheet,kompor,sleeping bag,sama air mineral 2 berukuran botol 1,5 lt..namun carier itu terasa sangat berat. Selang beberapa akhirnya saya ketinggalan lagi dan lumayan jauh lagi dari rombongan yang lain dan saya sendiri lagi saat itu. Namun saya terus berdoa dalam hati,karna sudah hampir 2 jam kita tidak sampai sampai ke pos 3 yang di peta sebenarnya tidak terlalu jauh dari pos 2..saya terus menyorotkan senter ke arah bawah dan tidak mau melihat ke samping atau depan..namun tetap seakan ada bisikan bisikan yang mengarahkan saya nengok ke samping apalagi ke depan..disitu saya penasaran..di jalan yang agak landai dan didepan jalur agak belok sedikit ke arah kanan..perasaan saya ingin melihat ke depan..pas tidak disorot pake senter yang di hadapan saya itu hanya pepohonan yang jauh dari tempat saya berpijak namun pas di sorot saya begitu kaget..kenapa ujung lamou senter itu berada pas beberapa meter di depan saya padahal tadi dilihat gak ada pepohonan atau pun apa yang menghalangi ujung dari lampu tersebut..pas saya lihat..ternyata ada sosok tinggi besar sedang mengawasi dan melihat ke arah saya..saya langsung nunduk..dan teriak " rana".."rana "..."rana"...dan mengarahkan senter ke atas dan berharap ada pendaki lain yang juga memberi sinyal ke atas..dari kejauhan terlihat ada cahaya senter tersorot ke atas..dan rana menjawab panggilan saya..karna memang pada saat itu saya terus memanggil nama dia..dia menjawab"oyy..disini"..memang sudah terlihat dia dari kejauhan. Selang beberapa lama saya berhasil melewati hutan tersebut..dan sampailah di hutan mati dan tidak jauh sudah terlihat ada sabana atau lahan yang luas...disitu saya masih mengalami gangguan..sudah terlihat dari kejauhan rana dan rombongan sudah lumayan jauh lagi di depan dan hampir sampai pos 3...namun saya melihat di belakang mereka yang lumayan tidak agak jauh saya melihat ada seseorang memakai jaket dan membawa peralatan mendaki juga..namun yang bikin aneh dia gak bawa senter dan terus nunduk jalan menuju arah pos 3 tersebut..dan emang disana jalannya agak landai dan banyak gundukan gundukan tanah yang lumayan menguras buat tenaga..mungkin karena memang saya sudah merasa kelelahan jadi merasa sangat pegal di kaki saya..selang beberpa lama sudah terlihat banyak tenda yang sudah terpasang dan rana menunggu saya tepat sebelum ke tempat yang banyak tenda tersebut.dan saya bertanya "ran barusan ada yang lewat gak sebelum saya?"dia jawab "gak ada",,saya "yakin gak ada?,jelas jelas tadi ada satu orang di belakang kamu tapi dia gak bawa senter dan perlengkapan nya juga lengkap",dia bersikukuh menjawab"gak ada..cuma kamu doang di belakang yang daritadi berjalan sendiri",disitu saya agak bengong lagi..lalu rana bilang "udah jangan berpikir macam macam,inget sama yang satu". Dan ternyata memang setelah sabana itu kita sudah sampai di puncak 3..karna memang jalur itu ada 3 puncak yaitu ada puncak 3,4 dan 5. Juga banyak pendaki yang mendirikan tenda disana..tidak tunggu lama lagi saya dan rekan saya memilih tempat yang pas untuk buat tenda..tidak terlalu depan atau pun belakang..cuma nyari tempat yang agak kosong dan tidak terlalu berdekatan dengan tenda yang lain supaya agak tenang dan hening..udara di puncak saat itu sangat dingin hingga rasa nya menusuk ke tulang..selesai bangun tenda kita langsung masuk dan ngopi di dalam..saya tidak bercerita kala itu..cuma cerita biasa aja sambil ngopi..dan waktu itu kira kira saya nyampe ke puncak 3 itu sekitar jam 11 lebih..dan selesai ngopi dan berbincang kita langsung tidur... Tidak ada gangguan lagi saat itu..saya dan rekan saya tidur lelap mungkin karena sudah kecapean..sekitar pukul set 5 saya terbangun..karna berniat ingin buang air kecil..saya langsung menuju ke belakang tenda dan agak jauh dari yang lain dekat hutan mati..disitu saya permisi dulu untuk buang air kecil..namun pada saat itu terdengar ada suara yang mengeram..semacam suara harimau..namun saya tidak hiraukan dan bergegas menuju ke tenda kembali.. Saat itu puncak sangat ramai seakan kita sedang berada di pasar..sebelum berfoto kita seduh kopi dan merokok terlebih dahulu..habis itu langsung berfoto foto untuk kenangan..setelah cukup berfoto kita langsung menyiapkan makan memasak mie dan langsung menyeduh kopi lagi karna memang udara sangat dingin waktu itu. Sekitar jam 9 pagi kita memutuskan untuk packing dan turun karna mengingat malam nanti saya harus kembali bekerja di shift 3 atau malam...sedangkan rekan saya libur kala itu...namun yang bikin saya bingung lagi...jalur turun yang kita lalui itu ternyata cuma ada jalur pas dilewati saat siang hari..gak ada jalan bercabang ataupun jalan yang terbagi 2 seperti yang telah dilewati semalam...dan yang saat saya jalan berdampingan semalam pun,yang semalam kita berdua melewati jalan yang memang agak berbeda..jadi saat itu ada jalan yang satu berada di bawah dan satunya lagi di atas tapi masih kelihatam jalannya satu sama lain..dan yang saya pijak semalam itu..itu bukan jalur..namun jalan aliran air yang saya lihat itu tidak bisa dilewati karna pinggirannya emang terlihat curam..dan pada saat itu saya merasakan carier yang tadinya pas naik muncak terasa sangat berat seakan akan sangat ringan dan terasa tidak membawa beban apa apa..namun saya belum banyak bercerita kala itu..karna mengingat masih berada di gunung itu. Tidak selang lama kita sampai lagi ke pos simaksi yang awal nya kita registrasi di pos itu..petugas memeriksa sampah dari para pendaki dan juga banyak pendaki yang turun kala itu.. Kita istrhay dulu di pos simaksi beberapa saat..biasa sambil ngopi dan ngerokok lagi.. Pas jam 12 siang kita memutuskan buat turun lagi dari pos cikahuripan terssbut menuju parkiran dimana motor diparkir san di titipkan..lalu pulang ke rumah rana terlebih dahulu. Pas sudah sampai saya tidak langsung bercerita..karna memang saat itu saya ketiduran di rumah rekan saya mungkin karna kecapean..pukul 6 sore saya memutuskan untuk pulang ke kostan..karna hari sudah mulai gelap dan kami pun berpisah.. Beberapa hari setelah itu .baru saya bercerita dan betapa terkejutnya dia waktu itu atas apa yang saya alami...yang menjadi permasalahan saat itu adalah memang saya tidak ijin terlebih dahulu ke orang tua karna faktor jarak dan pada saat itu tidak mempunyai paket data sebelum pergi muncak,dan juga pikiran saya yang sedang kacau kala itu yang mengakibatkan kurang nya konsentrasi dan membuat pikiran saya kosong. Namun alhamdulillah saat itu saya bisa mencapi puncak dan kembali lagi..karna dalam hati malam itu terus berdoa dan saya bergumam dalam hati "saya cuma ingin ke puncak,habis itu balik lagi"begitu terus selama perjalanan.Tamat. Sekedar pesan : "Kalo kalian ingin pergi ke gunung,mau gunung manapun itu sama saja...yang terpenting adalah bagaimana niat dan tujuan kita saat akan mendaki..dan jangan lupa pula meminta doa restu dari orang tua saat ingin pergi kemana jua...dan saya berpesan,kalo ingin pergi ke gunung saya menyarankan janganlah ketika keadaan pikiran kalian sedang hancur..karna memang ke puncak itu perlu tekad dan pikiran yang bulat,jangan samoai membawa beban saat pergi ke gunung..kalo bisa dikesampingkan dulu dan fokus saja mendaki",terima kasih. Terima kasih atas perhatian dan bersedia membaca cerita saya. Dan saya berharap,semoga cerita ini bisa dimuat di youtube nya bang prasodjo muhammad,dan bisa menjadi ilmu atau pelajaran bagi para pendaki yang lain. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. #salamlestari


Blog, Updated at: Oktober 26, 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Download Aplikasi Download Video

Download APK Amazing Videos DOWNLOAD APK

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori

Translate Article