Dulu pekerjaanku sebagai buruh tani. Itu ketika masih berumur dibawah 30 tahun. Anakku tiga orang. Semuanya kini sudah berkeluarga. Apapun pekerjaan di kampung, aku terima untuk menyambung hidup. Yang penting halal. Suamiku juga sebagai buruh tani, dia nyambi jadi peternak ayam kampung. Alhamdulillah…, semua diberi kecukupan untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal dulu aku harus menyekolahkan anak-anakku. Semuanya lulus sekolah menengah.
Sekarang usiaku menginjak di atas 40 tahun. Aku sudah meninggalkan pekerjaan sebagai buruh tani. Aku pindah haluan sebagai tukang masak para warga kampung saat punya hajat. Semula aku hanya ikut-ikutan jadi rewang ( tenaga pembantu) saja. Sekarang aku sudah mandiri. Sekali panggil untuk memasak aku pasang tarif dua ratus ribu rupiah. Itu untuk dua hari satu malam. Memasuki bulan Syawal, biasanya selalu banyak orang punya hajat. Dan itu adalah bulan-bulan penuh pekerjaan. Jauh-jauh hari orang yang hendak punya gawe datang ke rumahku. Memastikan tanggal yang kosong. Hampir seluruh angka di kalender sudah aku lingkari. Hanya ada dua hari saja. Kamis Wage dan Jum’at Kliwon.
Saat bulan puasa seperti ini adalah masa istirahatku bekerja. Tidak ada orang yang punya hajat nikahan. Untuk mengisi kekosongan, aku berjualan makanan untuk buka puasa. Kolak pisang, serabi, bubur candil, lontong, dan lodeh. Di saat aku sedang berjualan di serambi rumah, ada pengendara sepeda motor mampir, berboncengan dengan seorang wanita.
“ Assalamualaikum…., benar ini rumahnya Bu Siti Alwiyah ?” Sapa perempuan berkerudung kepadaku. Umurnya kelihatannya sebaya denganku, sekira 40an.
“ Waalaikum salam.., benar mbakyu...dari mana ? Monggo-monggo.., silahkan, saya sambil jualan ya ?”
“ Tidak apa-apa Bu Siti, saya tahu njenengan repot. Saya sedang kesulitan mau cari tukang masak bu. Saya disuruh Pak lurah Desa Ujungsemi untuk mencari tukang masak. Dia mau menikahkan anaknya.”
Sembari aku meladeni pembeli, tetap melanjutkan perbincangan. Kupanggil anakku Wati mengambilkan kursi, supaya dia bisa duduk.
“ Lha kapan harinya mbakyu ?”
“ Bulan depan, mulai Rabu pon, Kamis wage sampai Jum’at kliwon. Tiga hari berturut-turut. Pak lurah Wignyo nanggap wayang, serta campur sari.”
Kusembunyikan rasa heranku, tumben saja ada orang mau menikahkan anaknya di hari yang disebutkan. Di daerahku, itu jarang terjadi.
" Lha sudah dapat tukang masak berapa mbakyu ?”
“ Itulah Bu Siti.., saya tidak ketemu orang yang mau masak di hari itu. Padahal ini penting sekali. Pak lurah tidak mau ganti tanggal serta hari. Ini sudah keputusannya dia Bu Siti.” Ucap wanita itu.
“ Baiklah kalau memang demikian...saya sanggup, lha alamatnya dimana mbakyu ?”
“ Bu Siti tidak usah kesana sendiri, nanti ada yang menjemput. Njenengan juga tak perlu repot membawa blender, loyang, mixer dan lainnya. Semua disediakan sama Pak lurah.”
Selama hampir lima tahun aku menjalani pekerjaan ini, baru sekali ini ada orang yang mau menikahkan anaknya di hari tersebut. Baru kali ini juga ada panggilan masak sampai di lain kecamatan.
Ujungsemi masuk wilayah Kecamatan Kangkung. Di bawah tahun 2000, desa tersebut masih masuk wilayah Kecamatan Cepiring. Saking luasnya kemudian dipecah menjadi dua. Cepiring adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Berada di pesisir utara Pulau Jawa. Mata pencaharian penduduknya sebagian sebagai petani. Kendal juga dikenal sebagai penghasil tembakau, dan padi. Sewaktu masih jaman orde baru, Kendal dikenal sebagi penghasil gula. Ada pabrik gula peninggalan Belanda di Cepiring, berdiri sejak tahun 1825.
Waktu yang dijanjikan pun tiba, usai lebaran selang seminggu, aku dijemput oleh seorang suruhan Pak lurah Wignyo. Seorang anak muda dengan sepeda motor Honda Supra warna hitam strip hijau dan merah, menanti di teras.
“ Bu Siti, silahkan bu.., tidak usah pakai helm. Lewat jalan kampung saja.” Pinta anak laki-laki itu. Ia mengenalkan diri namanya Setyo, seumuran anakku Wardi yang paling tua.
“ Iya dik, tidak apa-apa. Lagian kalau malam begini tak bakal ada razia sepeda motor.”
Setelah berpamitan dengan suami dan anak-anak, aku membonceng Setyo. Cuaca malam begitu cerah, langit malam nampak terang karena cahaya bulan. Angin kering musim kemarau berhembus. Beberapa desa kulewati, menempuh jalan satu-satunya ke Desa Ujungsemi.
Sebenarnya jarak Desa Juwiring dengan Ujungsemi tidak begitu jauh. Setyo memotong jalan lewat Desa Sidomulyo. Jalan aspal di desa itu rusak parah. Banyak kendaraan berat melewati jalan tengah sawah itu. Tidak biasanya saat melewati kuburan Desa Sidomulyo tengkukku merasa merinding. Padahal sekitar tempat itu banyak lampu listrik. Kuburan itu berada di pojok desa, persis di tepi sawah. Berbatasan dengan Desa Kalirejo. Sepeda motor Setyo terasa ringan saja saat melewati jalanan berbatu dan rusak parah. Selama menjadi tukang masak borongan, aku paling jauh menerima pekerjaan memasak di Kecamatan Cepiring di Desa Botomulyo.
Sebenarnya aku ingin menolak permintaan Pak lurah Wignyo. Meskipun tak ada aturan resmi, menyelenggarakan pesta pernikahan di bulan Syawal pada tiga hari pasaran tersebut sungguh pantangan. Sepanjang perjalanan, Setyo sesekali bicara, itu pun ketika aku tanya.“ Bu Siti, kita sudah hampir sampai bu…, paling lima menit lagi.” Tanpa kutanya Setyo berbicara. Melewati Pasar Kangkung, sesudah itu belok kanan. Keadaan kanan serta kiri jalan berupa tanaman tembakau yang masih selutut orang dewasa.
Tak berapa lama kemudian kulihat banyak sekali mobil dan sepeda motor parkir di pinggir jalan. Beberapa mobil sedan mewah juga kelihatan. Meskipun tidak begitu mengenal, aku yakin Pak Wignyo ini orang yang kaya. Tamunya banyak sekali.
“ Dik Setyo, apa acaranya sudah dimulai ?”
“ Belum bu.., mobil-mobil itu milik keluarga Pak Wignyo datang dari luar daerah Kendal.” Setyo menerangkan.
Rumah Pak lurah begitu megah, berpagar tembok setinggi bahu. Untuk masuk ke rumahnya harus melewati pintu gapura yang tak kalah megah juga. Bangunan utama berupa rumah joglo seperti balai desa. Rumah Pak lurah bagiandinding bagian depan semuanya dilepas. Di desa, orang yang memiliki rumah joglo dari kayu jati, dipastikan orang yang kaya raya.
“ Dik Setyo, orang desa sini kok pendiam semua ya ?”
Aku mulai merasa ada kejanggalan warga desa Ujungsemi. Sepanjang memasuki pekarangan, orang-orang yang berpapasan denganku tak ada yang menampakkan wajahnya. Semuanya menunduk dan tidak bicara satu sama lain.
“ Oh…, itu aturan di rumahnya Pak lurah saja bu. Kalau di luar ya sama saja,” jawab Setyo menerangkan.
“ Saya harus masak mulai malam ini ya Dik Setyo ?”
“ Benar bu.., tapi sebelumnya bapak mau bicara dengan Bu Siti dulu. Mari ke pendopo bu ?”
Di pendopo sudah menunggu seorang laki-laki paruh baya, nampak berwibawa. Mengenakan pakaian beskap warna hitam. Di sebelahnya seorang wanita dengan baju kebaya warna hijau, sementara jariknya motif parang rusak.
“ Monggo.., silahkan duduk Bu Siti. Saya begitu senang sampeyan bisa membantu di rumah saya.”
“ Sama-sama Pak lurah.”
“ Ini sebagai bayaranmu, saya berikan semuanya.” Pak lurah mengulurkan segepok uang kepadaku.“
" Pak, sebaiknya nanti saja kalau pekerjaan sudah selesai, saat saya hendak pulang.”
“ Tidak apa-apa, saya selalu membayar di depan. Kalau sudah selesai hajatnya mungkin aku tidak sempat memberikan langsung kepadamu.”
Baru kali ini juga aku menerima bayaran sebelum bekerja. Hitunganku kerja masak kali ini empat hari tiga malam.
“ Pak, apa ini tidak kebanyakan ? Upah masak dua hari satu malam untuk saya hanya dua ratus ribuKalau sampai tiga malam bayar enam ratus ribu saja pak ?”
“ Sudahlah.., terima saja Bu Siti. Itu sekaligus sebagai tanda terima kasih kami kepada sampeyan.” Istri Pak Wignyo menambahi pembicaraan.
Usai bertemu dengan tuan rumah aku ke halaman belakang. Semua keperluan memasak telah tersedia. Yang bagian menanak nasi ada sendiri, pun yang bagian merebus air untuk membuat teh. Bagianku hanya masak lauk-pauknya saja. Orang-orang di dapur itu tak ada yang bicara. Tidak seperti biasanya orang rewang. Baik laki-laki dan perempuan semuanya diam. Aku memasak rendang sapi, oseng-oseng buncis, mie goreng dan sambal goreng ati. Semuanya aku kerjakan sendiri. Sementara dihalaman luar sudah begitu ramai. Pak lurah nanggap wayang kulit. Aku mulai sedikit ngantuk, mungkin sudah jam tigaan. “ Bu kalau ngantuk, minum ini bu. Di kulkas banyak disediakan..” tiba-tiba Setyo muncul. Menyodorkan tiga botol Kratingdaeng. Memang seperti kebiasaan saat aku memasak di malam hari. Untuk mengusir kantuk dan menambah segar badan aku minum Kratingdaeng. Waktu terasa berjalan begitu lambat. Masakan sudah matang kemudian satu per satu bagian dimasukkan ke besek ( wadah dari ayaman bambu).Aku sudah kali ketiga memasak rendang sapi. Sekali masak menghabiskan enam puluh kilogram daging sapi. Demikian juga dengan mie goreng, dan lauk-pauk yang lain. Semuanya ludes tak bersisa.
Terasa membosankan juga, berada dengan orang banyak tapi tak satupun yang bisa diajak bicara. Aku mencoba berbasa-basi dengan laki-laki yang sedang mengaduk beras.
“ Kang…, orang disini semua kok pendiam ya ?”
“ Sudah sejak saya tinggal di kampung ini memang begitu bu. Kalau tidak penting sekali, kami tidak bicara.”
“ Lha memang sampeyan dari desa mana kang ?”
“ Saya dari jauh bu, asli saya Serang Banten. Sudah lima tahun saya mengabdi pada Pak lurah.”
“ Sudah lima tahun ? Disini sampeyan bertani tembakau ? Atau…, “ belum rampung aku bertanya. Laki-laki itu menjawab pertanyaanku.
“ Saya disini bekerja untuk Pak lurah, pekerjaan saya menanak nasi. Kebetulan saja, tahun ini Pak lurah sedang mantu ( menikahkan anak ). Lha ibu kok bisa masuk ke sini bagaimana caranya ?”
Aku merasa pertanyaan laki-laki tukang masak nasi ini begitu aneh, “ bagaimana caranya ?” Sambil memblender bumbu masak rendang, aku ceritakan bagaimana aku dipanggil Pak lurah untuk masak.
“ Waduuuh buu…., tak sembarangan manusia bisa masuk ke rumah Pak lurah. Apalagi diminta memasak. Ketahuilah bu.., kami disini semuanya adalah orang buangan. Semua yang datang hari ini adalah orang-orang yang mati kecelakaan.”
Mendengar penjelasan laki-laki ini aku semakin tidak mengerti.
“ Lihatlah kaki orang-orang itu. Semua tidak ada tumitnya. Hari ini mereka berkumpul dari seluruh Jawa. Orang-orang yang diundang Pak lurah semasa hidupnya berlaku keliru. Sebagian dari mereka waktu di dunia mencari kekayaan dengan pesugihan.”
“ Lho ? Lha kamu sendiri kenapa ?”
“ Saya mati bunuh diri bu, banyak hutang melilit, ditagih banyak orang membuat saya tidak betah hidup.”
“ Masya Allah……, jadi aku sekarang berada dimana ?”
Entah apa yang terjadi, belum sempat menjawab pertanyaanku. Laki-laki di depanku ini mendadak pucat. Seluruh kulitnnya melepus seperti luka bakar. Ia berguling-guling di tanah. Dan lampu listrik di rumah Pak lurah mendadak padam. Aku berusaha mencari sumber cahaya. Kurogoh korek api yang ada di dalam tas. Sekitarku begitu gelap sekali. Sayang, korek api di dalam tasku lembab. Aku pelan-pelan berjalan menuju gapura depan. Berulang kali kakiku menabrak tonggak pohon.
“ Asholaatu khoirun minnan nauuuummmm…..,”
Sayup-sayup kudengar adzan subuh. Aku sudah berada di luar gapura rumahnya Pak lurah. Kutoleh lagi rumah Pak lurah itu, Masya Allah……., rumah joglo kayu jati tidak kutemukan, disitu berdiri sebatang pohon Kolobin begitu tinggi. Dan pelataran rumah tersebut adalah kuburan. Segera kupercepat langkah meninggalkan kuburan itu. Menyusuri jalan aspal ke arah cahaya matahari terbit. Aku sudah di sekitar Pasar Kangkung, nampak sudah mulai ada orang di pasar kecamatan itu. Sambil menunggu hari terang, aku ke mushola menunaikan shalat subuh. Jam tujuh pagi, aktifitas Pasar Kangkung sudah begitu ramai. Aku menuju pos ojek, dan meminta diantar pulang ke Juwiring. Hanya perlu waktu setengah jam saja dari pasar tersebut ke desaku.
Sepanjang jalan menuju rumah, ada pemandangan aneh. Orang-orang memandangiku dengan tatapan heran. Hingga akhirnya aku tiba di pelataran rumah, kulihat anakku Suwati sedang menyapu halaman. Dia langsung memelukku.
“ Buuu…., ibu kemana saja ? Katanya tiga hari ke Ujungsemi kok sampai sebulan lebih ?”
Sesudah masuk rumah aku mulai bicara. Suami, anak-anakku, serta tetangga memenuhi ruang tamu di rumah.
“ Pak, lha aku juga tidak habis pikir bisa sampai rewang disana.”
Kujelaskan kalau selama empat hari tiga malam aku di rumah Pak lurah Ujungsemi.
“ Bune, sampeyan itu sudah meninggalkan rumah genap empat puluh hari sejak Rabu pon bulan Syawal lalu. Sekarang sudah Dzulqa’idah. Tetangga dan keluarga mengira sampeyan sudah meninggal dunia. Tapi aku yakin sampeyan pasti kembali ke rumah.”
Suamiku menceritakan apa yang terjadi selama aku meninggalkan rumah.
Ternyata selama ini aku diminta bekerja di alam ghaib. Kuburan Ujungsemi itu dikenal dengan Kuburan Kemangi. Banyak kejadian aneh dan tidak masuk akal yang pernah terjadi di Kemangi. Kemudian aku buka tasku.“ Subhanallah….,” ada delapan ikat uang pecahan seratus ribu di dalam tasku. Semuanya ada delapan puluh juta rupiah. Kuminta suamiku menemui Pak Kyai Zaenuri. Memastikan apa yang sebenarnya menimpaku. Kami berdua ke rumahnya.
“ Pak Durman dan Bu Siti, ini bisa terjadi atas ijin Allah. Sampeyan sudah diminta bekerja di alam ghaib. Dan uang itu benar-benar upahnya ".
Untuk memastikan keaslian uang pecahan ratusan ribu tersebut, Pak Zaenuri menggunakan detektor uang kertas. Ia juragan tembakau, harus mempunyai alat itu.
“ Berarti sampeyan di kediaman Pak lurah itu sehari dibayar dua juta rupiah bune,” suamiku menyimpulkan lamanya kepergianku dengan jumlah uang yang ada di dalam tas.
“ Entahlah pak, aku takut menggunakan uang tersebut.” Aku menimpali suamiku.
“ Sebaiknya sebagian kau sedekahkan kepada fakir miskin dan yatim piatu. Uang itu asli bisa dipakai.” Pak Zaenuri meyakinkan kami berdua.
Mengikuti petunjuk Pak Zaenuri, sebagian uang tersebut kami pakai untuk perbaikan masjid. Menyantuni anak-anak yatim piatu dan fakir miskin. Sedangkan sebagian yang lain kami simpan di bank dalam bentuk deposito. Akan kami gunakan jika dalam keadaan yang sangat perlu.
Sekedar Info :BANYAK yang tak menyangka, atlet-atlet muda dari desa tersebut bisa memberikan prestasi membanggakan bagi Jateng.Apalagi Desa Jungsemi, sebagai tempat penggemblengan para atlet, merupakan desa pelosok yang jauh dari hiruk pikuk kota. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke desa itu, sekitar 45 menit dari pusat kota Kabupaten Kendal.
Selama
ini, Desa Jungsemi juga dikenal sebagai daerah yang kental dengan
mistis. Sebab di desa yang ada di wilayah pesisir Kendal tersebut
terdapat makam seorang tokoh masyarakat yang disebut dengan makam
Kemangi.
Paseban Kemangi: prosesi persiapan perang Ketika Sultan
Agung memutuskan perang terhadap Belanda di Batavia, semua Adipati,
Tumenggung dan para pembesar kerajaan dipanggil pada suatu pertemuan
agung di Kerajaan Mataram yang dipimpin langsung oleh Sultan. Setelah
melalui perapatan serta saran-saran dari para adipati ataupun para
pembesar kerajaan, maka keputusan akhirnya Mataram menyatakan perang
terhadap Belanda di Batavia. Para pimpinan perang pun diputuskan, dan
diputuskan juga panglima perangnya, yaitu Tumenggung Bahurekso, Adipati
Kendal dan Gubernur Pesisir Laut Jawa. Bisa dibayangkan bahwa Kendal
pada akhirnya menjadi pusat perhatian para sentono kerajaan. Para
bupati, tumenggung maupun pembesar kerajaan lainnya perahtiannya tertuju
pada figur Tumenggung Bahurekso dan Kadipaten Kendal sebagai pusat
pertahanan dan berkembang menjadi pusat persiapan angkatan perang menuju
ke Batavia. Kendal memang memiliki catatan sejarah yang agung. Betapa
tidak, Kendal menjadi tempat berkumpulnya para pembesar-pembesar
kerajaan. Banyak adipati atau tumenggung yang harus meninggalkan
daerahnya dan berkumpul di Kendal.
Menurut beberapa catatan, para pembesar-pembesar kerajaan yang hadir di Kendal dalam rangka persiapan perang melawan Belanda di Batavia antara lain :
1. Tumenggung Bahurekso
2. Pangeran Purboyo
3. Pangeran Djoeminah
4. Tumenggung Mandurorejo
5. Tumenggung Upashanta
6. Tumenggung Kertiwongso, asal Jepara
7. Tumenggung Wongso Kerto
8. Tumenggung Rajekwesi
9. Raden Prawiro/Pangeran Sambong
10. Pangeran Kadilangu
11. Pangeran Sojomerto
12. Raden Sulamjono, putera Tumenggung Bahurekso
13. Raden Banteng Bahu, putera Tumenggung Bahurekso
14. Kyai Akrobudin
15. Kyai Mojo dan Kyai Sandi, pengawal Pangeran Sambong
16. Tumenggung Begananda
17. Raden Haryo Sungkono
18. Raden Muthohar
19. Tumenggung Pasir Puger
20. Pangeran Karang Anom
21. Pangeran Tanjung Anom
22. Tumenggung Panjirejo
23. Pangeran Puger
24. Tumenggun Singoranu, Patih MAtaram, pengganti Ki Juru Mertani
25 Aria Wiro Notopodo atau Suropodo
26. Tumenggung Wiroguno
27. Raden Bagus Kumojoyo
Dan tentunya masih banyak lagi tokoh-tokoh kerajaan yang hadir dalam pertemuan persiapan perang ke Batavia.
Bahurekso memutuskan bahwa pertemuan persiapan perang tidak dilakukan di pendopo kabupaten tetapi di sebuah tempat yang dekat dengan pantai. Oleh para peserta pertemuan akhirnya disepakati bahwa tempat pertemuannya harus dirahasiakan. Tempat yang dipilih ternyata di tengah hutan/persawahan. Tepatnya di bawah pohon yang rindang. Pohon itu sekarang ini dikenal dikenal dengan nama Pohon Kemangi. Pohon itu terletak di tengah-tengah persawahan/pemakan (sekarang), masuk wilayah Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung. Dan tempat itu pada akhirnya dijadikan sebuah pemakaman yang masih terkenal keramat. Namun ada keterangan lagi bahwa pohon kemangi itu adalah sebuah pohon yang lurus ke atas laksana sebuah payung. Dari sekian puluh peserta paseban di Kemangi, semuanya terlindungi. Bahkan ada yang menerangkan lagi bahwa peserta paseban tidak akan bisa dilihat oleh mata telanjang karena memang sudah dipayungi olehpohon kemangi serta oyot mimang yang ditanam oleh Tumenggung Rajekwesi atau Ki Gede Kemangi. Penanggung jawab pertemuan diserahkan pada Tumenggung Rajekwesi atau Ki Ageng Kemangi. Tokoh ini yang mengatur prosesi pertemuan dari awal sampai akhir dan bahkan termasuk keamanan para tokoh-tokoh kerajaan dari intaian telik sandi atau intel/mata-mata pihak lawan. Oleh karenanya daerah-daerah yang dijadikan pintu masuk para petinggi kerajaan itu dijaga dengan ketatnya. Tidak hanya itu, penjagaan dengan cara batin dan spiritual pun dilakukan dengan baik.
Siapa sebenarnya Tumenggung Rajekwesi itu? Memang tidak banyak yang tahu. Belum ada catatan sejarah yang menerangkan tokoh ini secara jelas. Tokoh ini mempunyai peranan sangat penting pada pertemuan itu. Demi keselamatan para pemimpin kerajaan dan demi suksesnya pertemuan persiapan perang, maka tempat di sekitar pertemuan dipagari dengan oyot mimang, yang kokoh bagai pagar besi. Bahkan lebih kokoh dari pagar besi. Oyot mimang seperti dalam cerita tutur merupakan kinayah bagian dari ayat suci Al-Qur'an. Oyot berasal dari kata ayat, Mimang diambil dari petikan-petikan huruf/kata dari ayat kursi, yaitu Mim-ma. Untuk lebih jelasnya perhatikan ayat al-qur'an yang lebih dikenal dengan nama ayat kursi:"...Allahu laa ilaaha illa huwal khaiyul Qoyyum laa ta'khudzuhu sinatun wala naum. Lahuu maa fissamawaati wamaa fil ardli. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi'idznihi ya'lamu ma baina aidihim wa maa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyai'in min 'ilmihi illaa bi maa syaa'. Wasi'at Kursiyyuhussamaawaati wal ardli walaa ya-uduhu khifdhunma wahuwal 'aliyyul 'adhiim...".
0 komentar:
Posting Komentar