Cerita Mistis Dibalik Gunung Andong di Magelang Jawa Tengah

Posted by

Gunung andong adalah gunung yang terletak di wilayah Magelang Jawa Tengah. Gunung ini tergolong gunung berapi tetapi selama ini gunung belum pernah meletus. Meski gunung ini tidak tinggi, tetapi banyak para pendaki gunung yang sering menjadikan gunung Andong sebagai destinasi untuk mendaki gunung. Ada yang unik saat kalian mendaki gunung yang berada di kawasan Giri Rejo, Ngablak Magelang ini. Jika gunung-gunung lain akan memiliki beberapa pemberhentian ketika naik menuju ke puncak, tetapi shelter tidaklah akan kalian temukan saat mendaki di sana. Bagaimana jika nantinya kalian capek? Ya yang Anda perlukan hanyalah istirahat di tengah jalan karena hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk dapat mencapai puncak.


Meski ramai didatangi pendaki dari berbagai daerah, pastilah yang namanya gunung ternama sudah pasti menyimpan cerita mistis. Terkadang cerita mistisnya akan membuat para pendaki dibuat merinding. Tetapi bagi mereka yang sudah terlanjur cinta dengan gunung Andong, semistis apapun gunung di Magelang tersebut, tetap saja rintangan akan berusaha ditaklukkan ya meskipun ketakutan dari dalam dirinya sendiri. Bagi yang belum pernah datang ke sana, jangan sampai cerita yang akan disampaikan ini malah melekat dalam ingatan dan membuat kalian enggan mendaki gunung andong. Jikalau mengaku pendaki gunung sejati, apapun pasti akan dilewati.
Apa yang asyik ketika kalian mendaki gunung. Menurut mereka yang kurang menyukai hobi yang menantang ini tentunya akan mengatakan bahwa mendaki gunung hanyalah akan membuat badan menjadi lelah. Belum lagi mereka juga harus rela berkotor kotoran dan membawa banyak barang untuk sampai di atas gunung. Berbeda dengan mereka yang sudah menyukai kebiasaan mendaki gunung, kotor dan lelah sudah menjadi teman setianya. Bahkan ketakutan yang ada  dalam dirinya pun mungkin sudah sirna, termasuk saat mendengarkan cerita misteri dari gunung Andong yang berada di Jawa Tengah.
Konon pada zaman dahulu kala sebelum pendakian belum banyak dilakukan di gunung Andong, masyarakat sekitar menjadikan gunung Andong sebagai tempat keramat. Masyarakat di sana hanya berani berada di kaki gunung saja sedangkan untuk sampai ke puncak belum ada yang berani karena takut akan mengalami hal yang mistis. Kemistisan yang ada di Gunung Andong berada di puncak gunung. Entah dari mana sumbernya, tetapi juru kunci gunung Andong mengatakan bahwa di puncak gunung tersebut ada sebuah makam seorang tokoh yang dulunya ternama. Di puncak Gunung Andong terdapat makam Ki Joko Petik atau nama aslinya adalah Kyai Abdul Faqih.
Yang namanya masyarakat zaman dulu, mereka pastinya lebih percaya pada hal-hal yang berbau mistis. Ketika mereka mendapati makam di puncak gunung, mereka merasa makam itu akan menjadikan gunung menjadi menyeramkan. Bukankah sampai sekarang yang namanya makam hanya segelintir orang yang berani melakukan aktivitas di sana. Konon katanya tokoh yang bernama Kyai Abdul Fakih dulunya adalah orang yang begitu disegani masyarakat sehingga saat beliau meninggal dan dimakamkan di puncak gunung Andong, banyak orang yang begitu merasa kehilangan. Hingga akhirnya puncak gunung dianggap daerah yang tidak boleh sembarangan disinggahi saking berbaktinya masyarakat dengan kyai tersebut.
Bukan hanya makam yang berada di puncak saja yang membuat kemistisan gunung Andong semakin terkenal. Kabarnya, ada kejadian yang begitu mengerikan dimana ada sesosok wanita yang ditemukan di sana. Wanita tersebut sudah meregang nyawa dengan kondisi yang tidak wajar. Konon kabarnya, tubuhnya terpisah dengan kepalanya. Tentu saja cerita yang menyeramkan ini terkadang sempat membuat merinding para pendaki yang sudah mengetahui ceritanya. Entah bagaimana kejadiannya, tetapi wanita itu mungkin adalah korban dari pembunuhan yang sampai sekarang tidak pernah terungkap. Apapun cerita mistis yang tersimpan dibalik gunung andong, tetaplah gunung tersebut memiliki keindahan tersendiri di mata para pendaki gunung.


Blog, Updated at: Juni 17, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Download Aplikasi Download Video

Download APK Amazing Videos DOWNLOAD APK

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori

Translate Article