Rabu, 21 Agustus 2013

Mengenal Kuntilanak dan Perilakunya

Wujud Kuntilanak dan Perilakunya, saya sengaja memberikan judul serupa, karena hampir seluruh Indonesia mengenal nama jenis Hantu ini. yang identik dari dia adalah rambut panjang, dan baju putih panjang, dengan ekspresi polos menatap. itu yang banyak orang percayai, bahkan di televisi kadang menayangkan film hantu yang selalu saja ada kuntilanaknya. Kuntilanak di ambil dari bahasa Melayu yaitu "puntianak, pontianak" adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "kuntilanak" atau "pontianak" kemungkinan besar berasal dari gabungan kata "bunting" (hamil) dan "anak". Mitos ini mirip dengan mitos hantu langsuir yang dikenal di Asia Tenggara, terutama di nusantara Indonesia. Mitos hantu kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara. Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.
tapi bagi saya asal muasal Hantu Kuntilanak yang beredar di masyarakat itu tentang berasal dari Wanita Hamil yang Meninggal atau wanita yang meninggal saat melahirkan itu tidak benar, karena sesunguhnya semua yang mati akan kembali pada Tuhannya.

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ ( ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), ( ) agar aku bisa berbuat amal yang saleh yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang dia ucapkan saja. dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan. (QS. Al-Mukminun: 99 – 100)


اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az-Zumar : 42)

jadi merutku kuntilanak itu bukan berasal dari wanita yang telah meninggal, melainkan itu hanyalah mitos masyarakat, dan JIN Kafir pula yang memanfaatkan kepercayaan masyarakat untuk menakut-nakuti manusia. itu menurut saya, jika anda berbeda, itu pilihan anda.

saya membuat pernyataan seperti itu karena saya pernah berjumpa dengan mahluk ini di saat tidak tepat, nanti saya ceritakan di bawah.

Hantu jenis ini dipercayai oleh masyarakat adalah Hantu berjenis kelamin Wanita, walaupun belum ada yang pernah melihat KTP dan Jenis kelaminnya, hehheee... tetapi wajar jika kita semuanya menganggap hantu jenis ini adalah wanita, karena dari perawakan dan style nya memang sangat mirip dengan wanita. dengan rambut yang menjulur ke bawah, bahkan konon ada yang mengatakan rambutnya sampai menjulur ke tanah, dengan gaun putih panjang, itu merupakan ciri umum, walaupun ada juga yang mengenal jenis kuntilanak berbaju merah, seperti Setan Sumiati Hantu Casablanca seperti yang di film-film itu berbaju merah. tetapi sebenarnya Jin itu punya kemampuan merubah wujudnya menjadi apa saja, artinya tidak harus itu-itu saja kan?.
sebenarnya masyarakat Bugis Makassar tidak mengenal jenis hantu ini, dan memang tidak pernah ada namanya dalam bahasa makassar, tidak seperti longga' , poppo' cambeyu' , dll. nanti kita bahas jenis ini.

saya yakini kalau semuanya itu hanya perbuatan Jin Kafir, bukan dari orang yang telah meninggal, anda sebenenarnya tidak perlu takut dengan Jin, karena Setiap manusia memiliki Jin, yah, namanya "Jin Qorin", atau Jin pendamping, dia tinggalnya di bahu anda, percaya atau tidak.

mungkin walaupun anda tidak takut, tetapi ada perasaan yang seakan memaksa anda untuk ketakutan, mungkin bukan karena takut disakiti, tapi anda sebenarnya hanya tidak akrab dengan wujud yang di tampakkannya, dan merasa tidak logis, mungkin contohnya, anda para pembaca yang tidak pernah melihat Manusia yang cacat dan tiba-tiba ada orang yang cacat di dekat anda, banyak orang yang merasa takut atau merasa tidak familiar hingga memilih menjauh, bisa dikatakan itu adalah rasa takut, jangankan Jin, manusia pun jika memiliki cacat yang parah pada wajahnya, anda merasa takut untuk mendekatinya, saya maklumi jika anda takut pada Manusia, tetapi saya harap tidak takut pada Jin dan Hantu. kenapa? nanti saya coba jelaskan.

tidak ada satupun Manusia yang bisa melihat Jin, mungkin anda menganggap saya salah, tetapi inilah faktanya untuk anda.

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ
Artinya: "Sesungguhnya ia (setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka" (QS. Al-Araf 7: 27).

maksud saya adalah, tidak ada Manusia yang sangup melihat Jin (Wujud Asli), Manusia hanya bisa melihat Jin ketika jin melakukan Perubahan Wujud, karena tidak semua jin dapat melakukan hal ini, maka tidak banyak jin yang terlihat, saya pernah membaca sebuah buku yang berjudul Berdialog dengan Jin Muslim, yang dia katakan adalah jin sekali beranak adalah 7 orang anak, dan kalaupun kembar, maka semuanya kembar, yaitu 14 orang anak. mereka (jin kafir) menempatkan anaknya pada lubang WC, ada mitos yang mengatakan, jangan buang air panas di dalam WC, ternyata memang ada benarnya, karena Jin akan Terbunuh oleh Air Panas, Bertabrakan dengan Manusia, dan dia bisa Mati Terbakar oleh ayat-ayat suci Al Qur'an, melihat jumlah mereka sebanyak itu, bisa di perediksikan kalau Jin jauh lebih banyak dari manusia, mungkin perbandingannya antara Daratan dan Lautan yang ada di Dunia, jin pun memiliki Umur lebih panjang dari Manusia. jadi, jika anda mengatakan dapat melihat Jin, maka tidak akan ku bantah bahwa itu bohong, tetapi yang saya bantah adalah, anda hanya melihat wujud perubahannya, bukan wujud aslinya, kalau anda bisa melihat wujud aslinya, anda tidak mungkin bisa bergerak bebas karena jumlahnya yang banyak.
sebaiknya Anak-anak dan Wanita tidak membuang air panas dalam Kamar Mandi atau WC, karena disanalah salah satu tempat mereka (jin).
 
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :« إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمُ الْخَلاَءَ فَلْيَقُلْ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ »
Artinya: "Dari Zaid bin Arqam, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya toilet-toilet itu dihuni oleh Jin. Oleh karena itu, apabila seseorang di antara kalian masuk WC, maka katakanlah: Allahumma inni audzubika minal khubutsi wal khabaits (Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari gangguan jin laki-laki dan jin perempuan" (HR. Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad).
 

Mengenal Kuntilanak dan Perilakunya cukup penting, karena mereka adalah Jin.
oke, kita kembali pada Kuntilanak, pembahasan tentang Jin nanti kita bicarakan dilain kesempatan di blog ini.
Kuntilanak adalah Hantu Wanita, kita sepakat bahwa itu benar, dan banyak saksi, salah satunya adalah saya yang pernah berjumpa dengan mahluk ini.
waktu itu hampir jam 12 malam, saya abis mengantar pulang teman saya dengan berjalan kaki, rumah temanku sekitar 300 meter dari rumahku, karena dia takut pulang sendiri, makanya saya berinisiatif mengantarnya, waktu itu saya belum punya motor, jadi kami hanya berjalan kaki, sewaktu saya pulang dari mengantarnya, saya pulang seorang diri, memang cuaca masih dingin, hujan baru saja reda, tapi masih agak gerimis, 10 Meter depan rumah salah satu temanku, saya merasa ada yang memperhatikan, tapi entah siapa, lorong ini agak gelap, sepi, dan sunyi, tidak seperti biasanya, di pos ronda yang berjarak sekitar 20 meter didepanku biasanya ramai bermain domino, tapi tidak malam ini, saya lupa itu malam apa, karena merasa risih terasa ada yang memperhatikanku, langkahku kuhentikan, dan menoleh kiri kanan, dan belakang, tapi tidak ada seorang pun, ketika saya menoleh ke kanan, saya melihat sesosok wanita berdiri, seakan menggendong sesuatu, rambutnya sampai pantat kalau tidak salah, karena dia berdiri di belakang pagar rumah salah satu teman ku yang lain, bajunya putih bersih, tangannya seakan menggendong bayi (tau kan posisi menggendong bayi? bukan balita) tetapi wajahnya mengarah padaku, saya pun kembali berjalan sambil bertatapan dan sekaligus perhatikan kondisi rumah tersebut, pintu tertutup rapat, ruang tamu lampunya mati, pagar sudah tergembok, logika ku berjalan, bahwa itu kakak dari teman ku yang sedang menggendong kucing kesayangannya, dan yang paling membuat saya heran, saya berhenti dan berusaha fokus pada wajahnya untuk memastikan dia siapa, wajahnya "kabur" seperti abis di blus pake photoshop, dan saya kembali lanjutkan perjalananku dengan sekali-kali menoleh kebelakang, tetapi setelah saya beberapa kali menoleh, dia masih di tempatnya, dan akhirnya dia menghilang, sayapun mencoba kembali ke depan rumah itu untuk memastikan, ternyata memang tidak ada orang, kembali ku lanjutkan perjalanan ku pulang. setelah berfikir, akhirnya otak ku baru bisa jawab kalau itu KUNTILANAK, dengan perasaan yang ngeri, saya pun masuk ke dalam rumah dan tidur, beberapa hari kemudian saya bertemu dengan pemilik rumah itu, dia cuma tertawa dan membenarnya yang saya liat. katanya kadang dia duduk di ruang tamu, dan tidak pernah ada di lingkungan saya ada seorang wanita meninggal saat hamil atau saat melahirkan sejak dulu.
kali ke dua, saya tidak melihat, tetapi hanya teman saya yang melihat ada kuntilanak berdiri di samping ku ketika kami melakukan perjalanan untuk mendaki gunung. saat itu saya sedang berdiri melakukan kordinir pada teman yang sedang memperbaiki lampu badai yang rusak, dan saat itu hujan lebat.

sebaiknya kita tidak usah takut pada Hantu, karena dia adalah mahluk lemah dan tidak kasat mata, mereka hanya ingin memberitahukan pada anda kalau mereka ada di sekitar itu, hanya itu. sebaiknya anda hanya takut pada perampok jika berada di tempat sunyi dan sepi, bukan pada hantu. yang hanya melambai-lambaikan tangan atau menumpang kendaraan anda, karena mereka tidak bisa mencekik anda sampai anda mati, dan ketika Manusia maju 1 langkah, jin akan mundur 10 langkah bagi anda yang memiliki Iman dan percaya akan Allah Swt. Insya Allah kita semua dihindarkan dari gangguan Hantu Pengganggu.
adapun cara saya menghindari gangguan Hantu di wilayah yang dianggap angker, selain membaca doa-doa dari al qur'an seperti :

ROBBI A'UUDZUBIKA MIN HAMAZAATISY SYAYAATHINI WA A'UDZUBIKA ROBBI AN YAHDHURUUNA.

artinya : " Wahai Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari bisikan-bisikan syetan. Dan aku berlindung (pula) kepadaMu wahai Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku".

atau :
رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ  | رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِوَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ | وَحِفْظاً مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ

Rabbi Annii Massaniya as-SYaithoonu binusybin Wa Adaba, Rabbi A’udzu bika min Hamazaati-s-Syayaathiini, Wa A’udzu bika Rabbi an Yakhdurun. Wa khifzhon min kulli Syaithoonin Maarid. (Q.S. Shaad:41; al-Mu’minuun:97-98; Shaffaat:7)
 Artinya :
“Sesungguhnya, aku diganggu setan dengan penuh ketidaknyamanan dan penderitaan!(41). Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan-setan(97). Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku(98)…dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap setan yang paling durhaka.

selain itu, saya juga menggunakan cara klasik, maksudku klasik, sebenarnya cara ini digunakan oleh orang dulu agar tidak di ganggu dan tidak di tampakkan oleh Jin Penunggu tempat itu, tetapi syaratnya anda mesti kenali medan itu, bahwa disitu memang dikenal dengan angker, caranya cukup menakuti diri sendiri, tetapijangan takut, terkadang jika saya berdua bersama teman, saya menceritakan pada teman saya bahwa tempat yang sementara kita lalui ini angker, banyak yang telah lihat ini dan itu. tetapi ingat, jangan sampai anda takut sendiri, karena mereka hanya ingin di menyampaikan kalau dirinya ada disekitar tempat itu. dan terkadang iseng ingin menakut-nakuti anda.

saya anggap kita semua sudah Mengenal Kuntilanak dan Perilakunya, selalulah ingat pada Tuhan setiap Saat, Insya Allah aman dari gangguan. Amin.

2 komentar:

  1. ya terkenal dari dulu, kantor pos besar belakang fort rotterdam tempatnya.

    BalasHapus
  2. katanya sudah lama dia pindah darisana... terakhir kabarnya di Pelamonia, tp ternyata bukan dia.. cm memang mirip pakaiannya...

    BalasHapus